Jumat, 06 Juli 2012

Sedekah di Depan


Beberapa kali kita sering mendengar seruan untuk sedekah . hal yang paling umum adalah sedekah 2,5% dari penghasilan kita. Atau ada yang sampai 10% dari pengahasilan disedekahkan. Dan sedekahnya ini diberikan setelah kita selesai mendapat hasil atau setelah menghitung laba dari usaha kita. Misalkan penjual nasi goreng setelah selesai berjualan dapat laba 1 juta kemuadian dia bersedekah seratus ribu, maka ini merupakan hal yang biasa. Gmana ceritanya koq hanya hal yang biasa, padahal secara hitungan di sudah sedekah 10%.  Melebihi dari yang di syariatkan yakni 2,5%. Lalu apa sedekah yang luar biasa itu?, sedekah yang luar biasa adalah ketika penjual nasi goreng tadi bersedekah 100 ribu sebelum dia berjualan. Artinya sebelum dia mendapatkan berapa labanya. Ini yang di namakan sedekah didepan.
            Ketika penjual nasi goreng bersedekah didepan seperti tadi maka Allah akan memberikan laba dari penjualan 10x yang dia sedekahkan. Sehingga semakin besar dia sedekah didepan maka Allah akan menggantinya dengan yang besar pula. Pertanyaannya berani kita mencoba hal tersebut. Karena kebanyakan dari kita nunggu aman dulu baru sedekah. Kita sering bersedekah barang sisa, harta sisa maka wajar jika rizki kita juga rizki sisa. Tidakkah anda punya pikiran untuk memberi yang terbaik kepada Allah. Sehingga Allah pun akan memberi kita yang terbaik.
            Kita sering meminta kepada Allah sesuatu yang terbaik, tapi apa yang kita yang kita beri kepada Allah? Sering kita memberi Allah sesuatu yang sisa. Kita bisa mengambil ibrah dari kisah habil dan qobil putra Nabi Adam As, ketika beliau diperintahkan untuk berkorban maka beliau pilihkan kambing yang terbaik untuk dipersembahkan kepada Allah. Berbeda dengan qobil yang member Allah dengan barang-barang sisa, dia memberi Allah dengan hasil pertaniannya yang paling jelek. Maka wajar saja jika Allah menolaknya.
            Begitu juga dengan kita, jika kita ingin dimuliakan oleh Allah maka muliakan Allah dengan selalu memberi Allah yang terbaik. Dengan sedekah didepan maka berarti kita telah memberi Allah yang terbaik, maka insyaallah Allah akan memberi yang terbaik. Banyak testimony tentang orang yang mendapat kemuliaan dari Allah setelah sedekah yang terbaik kepada Allah. Seperti kita ambil contoh ustadz yusuf Mansur, beliau yang dikenal dengan penggerak sedekah ini telah menyedekahkan 100% royalty buku-bukunya.padahal nilai royalty buku-bukunya bernilai milyaran. Dan hebatnya beliau menyedekahkannya ketika beliau sendiri terlilit hutang hingga miliaran rupiah. Karena beliau yakin Allah akan menggatinya dengan yang lebih baik dan hal itu terbukti hutang-hutangnya lunas dan bahkan sekarang mempunyai kekayaan yang melimpah dan menjadi tokoh masyarakat yang selalu ditunggu-tunggu ceramahnya.
Subhanallah inilah bukti bahwa jika kita muliakan Allah maka Allah akan memuliakan kita.mulai hari ini menit ini detik ini mari kita berikan yang terbaik kepada Allah dengan shalat diawal waktu berjamaah, kita tegakkan sunah qobliyah dan ba’diyah kita tegakkan shalat dhuha dan juga shalat malam insyaallah Allah tidak akan tinggal diam membiarkan kita dalam kesusahan dalam lilitan hutang atau kesusahan – kesusahan yang lain.
Karena sedekah dengan harta yang terbaik,maka Allah akan membalasnya dengan yang jauh lebih baik dari harta yang kita keluarkan.
  Berikut matematika sedekahnya :
Konsep matematika sedekah tidak sama dengan matematika yang kita kenal. Dasarnya ada pada Al-Qur’an Surat Al-An’am ayat 160 dimana Allah menjanjikan balasan 10 kali lipat bagi mereka yang mau berbuat baik (bersedekah adalah salah satu perbuatan baik):
Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). QS. Al-An’am (6) : 160
Begini konsep matematika sedekah:
Menurut pelajaran matematika yang kita kenal di sekolah dasar,
10 – 1 = 9,
tetapi, di dalam matematika sedekah,
10 – 1 = 19,
sebab setiap kali kita bersedekah dengan memberikan satu unit rizki (harta) kita, Allah akan menggantinya (membalasanya) 10 kali lipat.
Jika matematika sedekah itu dilanjutkan, maka kita memperoleh hasil perhitungan sebagai berikut:
10 – 2 = 28
10 – 3 = 37
10 – 4 = 46
10 – 5 = 55
10 – 6 = 64
10 – 7 = 73
10 – 8 = 82
10 – 9 = 91
10 – 10 = 100
Jadi, setelah 10 unit harta kita habis disedekahkan, maka kita memperoleh balasan dari Allah SWT 10 kali lipat dari semula, yaitu 100 unit. Matematika sedekah ini juga menjelaskan bahwa seseorang tidak akan jatuh miskin karena sering bersedekah, sebaliknya rizkinya makin bertambah. Subhanallah. Karena itu tidaklah perlu seseorang mempunyai sifat pelit atau kikir kepada orang lain.
Apakah balasan dari Allah SWT yang 10 kali lipat itu? Apakah berupa rezki yang jumlahnya 10 kali lipat dari harta yang kita sedekahkan? Wallahu alam, bisa begitu atau dalam bentuk yang lain, hanya Allah yang tahu. Balasan dari Allah SWT bisa berupa bantuan yang tidak terduga datangnya, bisa juga berupa dikabulkannya doa dan keinginan yang selama ini selalu dipinta. Ustad Yusuf Mansur menghadirkan kisah orang-orang yang mendapat anugerah tidak terduga karena kebiasaan bersedekah. Ada tukang bubur ayam keliling yang mendapat hadiah naik haji, ada wanita yang sudah “pertu” (perawan tua) mendapat jodoh, ada orang yang terlilit hutang yang ditolong orang lain sehingga hutangnya lunas, dan sebagainya. Ini membuktikan bahwa memang Allah SWT membalas pemberian ummat-Nya dengan balasan yang tidak pernah ia bayangkan.

AJAIBNYA SEDEKAH
Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 267
Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari HASIL USAHAMU YANG BAIK-BAIK dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan JANGANLAH KAMU MEMILIH YANG BURUK-BURUK lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.
Allah adalah MAHA MENEPATI JANJI, dan apa yang tertulis di Alqur'an adalah apa yang langsung diserukan Allah kepada umatnya. Adalah sebuah kerugian besar jika kita tidak yakin akan perkataan langsung Allah tersebut. Coba anda baca dan renungkan apa yang langsung diserukan Allah tentang sedekah di bagian bawah ini:
Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 245
Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), MAKA ALLAH MELIPAT GANDAKAN PEMBAYARAN KEPADANYA DENGAN LIPAT GANDA YANG BANYAK. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.
Dalam ayat ini Allah dengan jelas mengatakan akan melipat gandakan, DENGAN LIPAT GANDA YANG BANYAK bagi siapa saja yang gemar sedekah. Di akhir kalimat ditekankan bahwa hanya Allah-lah yang bisa melapangkan atau menyempitkan rejeki makhluk ciptaanNya.
Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 261
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.
Dalam ayat ini Allah secara jelas menyebut perhitungan matematis saat kita mengeluarkan hartanya untuk sedekah. Jika menurut perhitungan matematis itu berarti sedekah kita akan dibalas hingga 700 kali lipat! Di akhir ayat Allah menekankan akan membalas sedekah itu bagi siapa yang Dia kehendaki.
Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 274
Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
Dalam ayat ini Allah menjanjikan bagi siapa saja yang mau bersedekah, Allah akan memeliharanya dari segala bentuk kekhawatiran dan segala bentuk kesedihan. Anda saat ini sedang punya masalah? Makanya ayo segera bersedekah.
Alquran Surah An Nisaa Ayat 114
Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.
Berdasarkan Firman Allah melalui Surah An Nisa di atas maka metode IPPS ini kami berikan dengan harapan dapat membuka hati saya hati anda dan hati setiap orang yang membuka dan membaca blog ini untuk mau dengan ikhlas bersedekah kepada orang dan mau menebarkan semangat sedekah pada orang lain. Allah menjanjikan pahala yang besar bagi siapa yang mau mengajak sedekah orang lain. Makanya, silahkan share-kan blog ini pada siapa saja, bisa di Facebook, Twiter, atau blog anda.
Allah sendiri telah menjanjikan, jika manusia mau bersedekah, maka Allah pasti akan menggantinya dengan jumlah minimal 10 (sepuluh) kali lipat.
Bahkan Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat. Dan, ini ada dasar hukumnya, yaitu tertulis di dalam Al-Qur'an Surat: Al-an'am, Ayat: 160, yang Artinya : Barang siapa yang membawa amal yang baik,maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya,dan barang siapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak di beri pembalasan ,melainkan seimbang dengan kejahatannya,sedang mereka sedikitpun tidak di aniaya (dirugikan).
Bahkan di dalam Al-Qur'an Surat: Al-Baqoroh, Ayat: 261,yang Artinya : Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Semoga bermanfaat bagi kita semua,apalagi ketika memasuki bulan suci Ramadhan ini,mari berlomba-lomba berbuat kebajikan.

Mohon maaf jika ada salah-salah tulisan, yang benar datangnya dari Allah,yang salah karena kebodohan dan ke khilafan saya. Wassalam


Berbagai Sumber 

5 komentar:

  1. subhanallah JANJI ALLAH itu nyata adanya :)

    BalasHapus
  2. Subhanallah makin semangat ni ane.... Semoga ustadz selalu di beri kebaikan allah dan di lancarkan segala urusannya. Amin

    BalasHapus
  3. Subhanallah makin semangat ni ane.... Semoga ustadz selalu di beri kebaikan allah dan di lancarkan segala urusannya. Amin

    BalasHapus
  4. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  5. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus